Beginilah Cara Cek Blog AMP Valid atau Tidak

  • Bagikan
Cara Cek Blog AMP

Google AMP atau Accelerated Mobile Pages digunakan untuk memanjakan pengalaman pengunjung. Salah satu langkah yang ditempuh adalah memempercepat proses loading dari sebuah website. Tak hanya sekedar cepat, namun sebuah halaman website dituntut untuk melakukannya dengan cara yang dapat di validasi. Lalu bagaimana cara cek blog AMP valid atau tidak ? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Apa itu Google AMP ?

Google AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan kolaborasi sejumlah perusahaan teknologi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja website di perangkat seluler, yang muaranya pada peningkatan pengalaman pengguna. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 40% pengguna seluler akan meninggalkan halaman jika halaman tersebut tak mampu dimuat dalam tiga hingga empat detik.

Ketika hal itu terjadi, maka pengguna ini tidak akan melihat iklan, produk, layanan, yang menyebabkan hilangnya potensi pendapatan. Maka diperkenalkanlah AMP, yang mampu memuat halaman 10 kali lebih cepat dan menggunakan data 10 kali lebih sedikit.

Bagaimana Cara Kerja AMP ?

AMP menggunakan versi HTML, JavaScript, dan CSS yang lebih ringan dibandingkan dengan versi desktop. AMP umumnya digunakan pada konten statis untuk membuatnya lebih ringan yang meningkatkan kecepatan loading dibandingkan dengan HTML biasa. Google memberlakukan spesifikasi ketat untuk HTML AMP guna memastikan halaman seluler mampu melakukan loading secepat kilat.

Baca juga: Cara Meningkatkan DA PA Blog

Apa Manfaat Dari AMP ?

AMP menawarkan manfaat yang signifikan untuk situs web Anda, beberapa diantaranya :

1. Kecepatan Website Meningkat

Memiliki website yang memiliki waktu loading yang cepat akan menciptakan pengalaman terbaik bagi pengunjung Anda. Hal itu akan meningkatkan potensi Anda untuk meraih pendapatan dari website yang Anda bangun, karena menghindari pengunjung yang keluar dari halaman sebelum melihat apapun dari website Anda

2. Ramah Perangkat Seluler

Halaman desktop dirancang untuk dilihat di layar komputer biasa dan tidak praktis ketika digunakan di ponsel atau tablet. Nah, AMP mengoptimalkan tampilan halaman sebuah website pada perangkat seluler dengan memformatnya agar lebih mudah dibaca dan dinavigasi.

3. Meningkatkan SERP

Salah satu yang harus diketahui adalah bahwa Google memberlakukan pengindeksan yang memprioitaskan pengalaman pengguna. Mereka umumnya mengindeks dan memberi peringkat website yang responsive terhadap semua perangkat. Meskipun AMP bukan merupakan faktor SERP secara langsung, AMP dapat membantu Anda meningkatkan semua hal yang ada di situs Anda.

Baca juga: Mengenal Apa itu DA PA?

Bagaimana cara cek blog AMP valid atau tidak?

Setelah selesai membangun halaman AMP, Anda harus segera memvalidasinya. Hal ini agar Anda dapat memeriksa apakah halaman yang telah Anda kerjakan telah sesuai. Mari kita lihat cara cek blog amp valid atau tidak dengan cara termudah di bawah ini : 

1. Google AMP Test

Metode tercepat untuk memverifikasi bahwa URL AMP valid adalah dengan menggunakan pengujian AMP Google. Anda bisa membuka halaman https://search.google.com/test/amp lalu masukan halaman yang ingin di validasi.

2. Melalui Technicalseo

Jika ingin memvalidasi banyak halaman secara langsung Anda bisa memakai layanan yang ditawarkan Technicalseo. Anda dapat memeriksa validasi AMP massal secara gratis pada 100 URL dengan membuka https://technicalseo.com/tools/amp/.

3. Melalui Relgrowth

Disini Anda dapat menggunakan alat validasi AMP Google Sheet gratis ini untuk menjalankan pemeriksaan harian, mingguan, atau bulanan. Anda dapat mengaturnya untuk melacak ribuan URL AMP secara otomatis pada https://relgrowth.com/seo-tools/amp-validator/.

4. Menggunakan Ekstensi Browser

Anda juga bisa menggunakan ekstensi di browser Chrome milik Anda. Anda dapat memasang ekstensi ini dengan mendapatkannya melalui halaman Validator AMP.

Namun, cara cek blog AMP valid atau tidak dalam skala URL yang tak terbatas, Anda bisa berinvestasi untuk tools – tools solusi berbayar seperti Screaming Frog, Sitebulb, DeepCrawl, atau Botify. Tools – tools tersebut jika digunakan dengan benar, masing-masing akan membantu Anda memvalidasi AMP dalam skala besar.

Mengatasi Kesalahan Validasi AMP

Kesalahan validasi yang paling umum termasuk dalam tiga kelompok berikut.

  • Elemen wajib hilang.
  • Memuat elemen yang tidak diizinkan, disusutkan, atau digandakan.
  •  Memuat kesalahan gaya, tata letak, atau template.

Cara terbaik untuk mendiagnosis dan memperbaiki kesalahan ini adalah dengan dengan validator AMP. Alat ini akan menandai salah satu kesalahan ini dan dapat digunakan sebagai alat validasi kode HTML mentah untuk membantu Anda secara proaktif untuk menghasilkan kode yang bersih dan sesuai dengan AMP. Untuk lebih memahami daftar lengkap potensi kesalahan, lihat panduan Kesalahan Validasi AMP pada https://amp.dev/documentation/guides-and-tutorials/learn/validation-workflow/validation_errors/. Jika situs Anda menggunakan WordPress, panduan pemecahan masalah pada plugin AMP akan sangat membantu.

AMP dapat membantu mengoptimalkan pengalaman pengunjung pada penggunaan seluler. Yang harus Anda lakukan adalah untuk terus memantau validitas dari halaman Anda. Dengan cara cek blog AMP valid atau tidak diatas, Anda bisa memaksimalkan potensi dari website yang telah Anda bangun.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *