Cara Lapor Blog Copy Paste Ke DMCA Agar Dapat Penindakan Lebih Lanjut

  • Bagikan
Cara Lapor Blog Copy Paste

Cara lapor blog copy paste ke DMCA penting untuk dilakukan terlebih bagi Anda yang menemukan adanya situs lain yang menyalin konten Anda. Memang sering kali ditemukan adanya sebuah blog yang copas kemudian mengunggah kembali konten orang lain dalam blog tersebut. Bahkan tak jarang baik dari judul hingga isinya sama termasuk adanya thumbnail sekalipun. Sering kali pemilik blog membuat watermark sehingga menghindari copy paste namun masih saja terjadi kasus tersebut.

Perilaku pemilik blog yang kerap menyalin tanpa izin terlebih dahulu bahkan tidak menyertakan tautan aktif yang menuju konten asli tersebut mempunyai dampak negative untuk kemajuan blog aslinya. Sebab jika ini terjadi pada blog Anda, tak jarang artikel yang awalnya berhasil masuk ke jajaran rank atas di pencarian Google langsung hilang dengan sendirinya. Sebab pihak Google mendeteksi terdapat duplikat konten. Untuk menindaklanjutinya yaitu menerapkan cara lapor blog copy paste ke DMCA.

Bagaimana Cara Lapor Blog Copy Paste ke DMCA?

Kasus copy paste sebuah blog memerlukan tindakan tepat serta sesegera mungkin sehingga tidak kian berdampak buruk di masa mendatang. Pengatasannya pun hanya dapat menghilangkan konten dupikat atau copas dari mesin pencarian ataupun blognya. Langkahnya yaitu dengan memberitahu orang selaku pencuri konten agar menghapus konten hasil plagiat tersebut. Kalau tidak berhasil bisa dengan menerapkan cara lapor blog copy paste ke DMCA.

Dengan menerapkan apa saja cara lapor blog copy paste ke DMCA Anda dapat meminta untuk penghapusan konten duplikat itu dari mesin pencarian. Sehingga apabila Anda merasa tengah mengalami hal tersebut dan merasa dirugikan karena tindakan duplikasi oleh pihak yang tak bertanggung jawab, laporkan kasus tersebut ke pihak Google DMCA. Adapun caranya sendiri antara lain:

Baca juga: Cara Cek Blog AMP Valid

Melaporkan blog copas ke pihak google DMCA

Untuk cara lapor blog copy paste ke DMCA yang pertama Anda perlu masuk ke halaman https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice . Berikutnya muncul tampilan berupa pengisian formulir guna membuat sebuah laporan awal. Anda dapat mengikuti semua petunjuk yang ada berdasarkan perintah dari form tersebut. Adapun pengisian formulir antara lain:

  1. Nama depan yang diisi berdasarkan nama depan Anda
  2. Nama belakang Anda bisa isi dengan nama belakang tersendiri.
  3. Nama perusahaan bisa Anda isi menggunakan nama situs masing-masing.
  4. Pemegang hak cipta dapat Anda wakilkan dengan memilih diri sendiri.
  5. Untuk alamat email isilah menggunakan alamat email Anda yang masih aktif.
  6. Pada formulir negara atau kawasan pilihlah Indonesia.
  7. Cara lapor blog copy paste ke DMCA berikutnya guna melengkapi formulirnya lagi, Anda perlu mengisi karya berhak cipta dengan penjelasan tersendiri.
  8. Isilah keterangan mengenal pelaporan adanya tindakan pencurian konten ori dari situs Anda dalam formulir di kotak pertama. Tak lupa tuliskan pula jumlah konten yang telah dicuri.
  9. Pada form kedua isilah dengan tautan artikel milik Anda yang sudah dicopas sebagai bukti memperlihatkan konten original sah.
  10. Di form ketiga isi menggunakan link atau berupa alamat artikel dari hasil mencuri atau copas lalu dipublish tanpa adanya izin. Ini menjadi bukti sudah terjadinya pelanggaran.
  11. Cara lapor blog copy paste ke DMCA selanjutnya Anda mengisi formulir pernyataan tersumpah beserta tanda tangan.
  12. Pertama ceklis seluruh pernyataan tersumpah yang ada.
  13. Berikutnya di bagian formulir tanda tangan isikan dengan tanggal tepat pembuatan pernyataannya.
  14. Terakhir isilah tanda tangan menggunakan nama Anda.

Kalau menurut Anda semua isian dalam cara lapor blog copy paste ke DMCA tersebut dirasa sudah cukup, centang kotak captcha lalu kirim sehingga bisa memberitahu pihak google sesegera mungkin menindak lanjuti kasus tersebut. Untuk dapat melihat status permohonan akan laporan tersebut kunjungi laman google DMCA langsung.

Laporkan pula akun adsensenya

Meskipun sudah melaporkan blog tersebut ke DMCA rasanya masih kurang cukup kalau hanya blognya saja mendapat tindakan. Sebab mereka bisa saja mempunyai blog lain yang telah diterima oleh program AdSense. Kalau akun itu masih aktif kemungkinan pemilik blog nantinya mengulangi perbuatannya demi memperoleh pundi rupiah. Untuk melaporkannya yaitu :

  1. Pertama-tama bukalah laman Report a policy violation.
  2. Berikutnya isilah Contact Information dengan mengisi informasi identitas serta AdSense publisher ID.
  3. Berikutnya ikuti seluruh tahap yang sudah tertera di perintahnya. Untuk di bagian Violation detail gunakan kalimat yang sesuai dengan kejadian sesungguhnya.
  4. Terakhir tekan submit guna melaporkan akun tersebut.

Untuk berapa lama laporan Anda ditindak lanjuti semuanya tergantung dengan jumlah permintaan yang telah masuk dalam DMCA. Kalau persoalan waktu, umumnya paling cepat mulai dari 2 sampai 5 hari dan maksimal satu minggu.

Para pemilik blog wajib tahu cara lapor blog copy paste ke DMCA sehingga konten Anda aman dari kerugian karena pencurian artikel.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *