BerandaBlogger5 Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Terbukti Cukup Efektif

5 Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Terbukti Cukup Efektif

Simak Penjelasan 5 Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Terbukti Cukup Efektif!

Traffic adalah nyawa bagi sebuah blog.

Tanpa adanya traffic, blog seperti tidak ada harganya sama sekali. Buat kamu para blogger pemula, mungkin merasa sulit untuk meningkatkan traffic.

Nah, kebetulan sekali. Sekarang kami akan menyajikan informasi tentang cara meningkatkan traffic blog.

1. Riset keyword dengan benar

Sebelum menulis artikel, Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Nah, kebanyakan blogger pemula melakukannya kesalahan di sini.

Mereka malah menyasar keyword berat yang banyak di isi oleh website-website besar. Pantas saja jika blog sulit masuk page one dan tidak/sulit mendapatkan traffic.

Riset lah keyword menggunakan tool riset seperti Semrush dan Ubersuggest. Saya biasanya menggunakan Semrush. Lihatlah, traffic, kesulitan keywordnya, dan CPC nya.

Sasarlah keywordnya dengan kesulitan rendah dan traffic rendah terlebih. Setelah blog Anda memiliki otoritas yang tinggi, barulah sasar keyword bertraffic tinggi.

2. Buat artikel SEO yang berkualitas

Setelah menemukan keyword yang tepat, selanjutnya membuat artikel SEO yang berkualitas. Membuat artikel dengan mengoptimasi SEO memang cukup sulit.

Jadi, silahkan buat artikel sekaligus belajar. Jika menggunakan WordPress, mungkin akan lebih mudah karena ada plugin Yoast SEO.

Beberapa yang harus Anda perhatikan adalah enak dibaca, pasang gambar setiap 300 kata, paragraf pertama tidak lebih dari 50 kata, paragraf lain tidak lebih dari 70 kata, pasang internal link dan outbound link keyword pada judul, paragraf pertama, dan menyebarkannya di paragraf selanjutnya, dan yang lainnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog

3. Optimasi blog

Cara meningkatkan traffic yang ketiga adalah melakukan optimasi pada blog Anda. Optimasi di sini adalah membuat blog Anda mobile friendly, meningkatkan kecepatan, tampilan, dan kemudahan dalam menjelajahinya.

Mobile friendly sangat penting karena kebanyakan pengunjung pasti pengguna smartphone. Kecepatan blog penting agar mudah diakses.

Tampilan dan kemudahan dalam menjelajahi blog juga sangat penting. Karena kedua hal tersebutlah yang akan berinteraksi langsung dengan pengunjung. Jadi pastikan desain blog Amda semenarik dan sesimpel mungkin.

4. Guest post

Jika traffic blogmu segitu-gitu aja, mungkin sudah saatnya untuk mendatangkan pengunjung blog lain. Kamu bisa melakukan sesuatu yang disebut dengan guest post (penulis tamu). Para mastah mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.

Jadi intinya, kamu memposting artikel di blog lain dengan gratis maupun berbayar (tergantung kesepakatan pemilik blog).

Di dalam artikel tersebut kamu tanamkan link yang merujuk ke blogmu. Selain bisa meningkatkan trafik, cara ini juga bisa meningkatkan otoritas blog milikmu. Oh ya, kalau guest post gratis biasanya akan lebih sulit untuk diterbitkan.

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website

5. Share ke media sosial

Yang terakhir adalah dengan cara share artikelmu ke media sosial. Meskipun pengunjung yang kamu dapatkan tidak terlalu berkualitas, tapi hal ini cukup efektif untuk meningkatkan traffic secara signifikan.

Share lah postinganmu ke grup-grup Facebook yang relevan (jangan share ke grup blogger). Kalau bisa, buatlah halaman Facebook khusus untuk blogmu.

Oh ya, jangan ikut-ikutan visit for visit ya. Karena hal tersebut sepertinya tidak ada gunanya. Selain Facebook, media sosial lain seperti Instagram, LinkedIn, bahkan media seperti Pinterest juga layak untuk dicoba.

Nah itulah cara meningkatan traffic blog. Beberapa cara di atas memang cukup sulit untuk dilakukan. Contohnya seperti membuat artikel SEO yang berkualitas. Karena belajar hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Postingan Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Rekomendasi :