BerandaBloggerFungsi cPanel untuk Blogger Maupun Website Developer

Fungsi cPanel untuk Blogger Maupun Website Developer

Simak Ulasan Tentang Fungsi cPanel untuk Blogger Maupun Website Developer!

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan dalam melakukan konfigurasi pada web hosting.

Dengan adanya cPanel ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan website yang terhubung dengan hosting bisa dikelola dengan baik.

Jika membeli hosting, biasanya Anda akan langsung mendapatkan akses ke cPanel. Website yang berbasis CMS seperti WordPress juga bisa diatur lewat cPanel.

Sayangnya jika menggunakan platform Blogger, Anda tidak mendapatkan akses cPanel. Hal tersebut karena blog di Blogger menggunakan hosting dari Google.

Nah, memangnya apa sih fungsi dari cPanel ini? Berikut beberapa fungsinya.

1. Mengelola file website

cPanel memiliki fitur yang membuatmu bisa mengelola file website, seperti menghapus, menyunting, maupun menyalin. Selain itu, ada juga pengaturan FTP yang memungkinkanmu mengakses file website tanpa login cPanel dari aplikasi FTP Client.

Baca juga: 5+ Indonesia Fashion Blogger yang Bisa Kamu Jadikan Panutan

2. Mengelola domain

Fungsi lain dari cPanel adalah untuk mengelola domain. Beberapa fitur yang tersedia adalah seperti Site Publisher, Addon Domains, Subdomains, Aliases, Redirects, dan masih banyak lagi.

Fitur Addon domain bisa digunakan untuk menambahkan domain dalam satu cPanel. Sedangkan subdomain memungkinkanmu untuk membuat website lain dengan tetap menggunakan domain utama. Contohnya seperti subdomain.domain.com

3. Mengelola email

Pernah lihat email dengan domain costum? Nah email tersebut bisa dibuat di cPanel dengan domain yang kamu punya. Tidak seperti email seperti Gmail, email menggunakan domain ini bisa diatur penyimpanannya.

Selain itu, kamu juga bisa membuka maupun melihat email yang masuk. Namun sepertinya akan lebih mudah jika memasukkan email tersebut ke aplikasi email yang kamu miliki.

4. Backup dan restore

cPanel juga menyediakan fitur backup dan restore. Kita tidak tahu kapan website akan mengalami peretasan, atau masalah lain yang menimbulkan kehilangan data.

Karena itulah, adanya fitur backup dan restore ini sangat berguna sekali untuk membuat data website kamu tetap aman.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Blogger Menggunakan Microsoft Word

Nah itulah fungsi cPanel untuk Blogger maupun Web Developer. Fungsi cPanel di atas yang saya sebutkan di atas tidaklah lengkap. Jadi, silahkan cari informasi di tempat lain jika ingin informasi lengkapnya.

Postingan Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Rekomendasi :