Mengenal Apa Itu DA, PA? Pengertian dan Cara Ceknya

  • Bagikan
Mengenal Apa Itu DA, PA

Pertanyaan apa itu DA, PA seringkali keluar dari mulut anda. Tidak sedikit pula dari anda yang tentunya penasaran dengan DA dan PA. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang apa itu DA dan PA lengkap dengan beberapa hal lainnya yang terkait dengan DA dan PA.

Selain informasi apa itu DA, PA, anda akan mendapatkan informasi cara mengecek dan menaikkan DA dan PA secara lengkap. Pastikan anda mengetahui setiap informasi dengan detail dan terperinci.

Pengertian DA dan PA

DA atau yang biasa disebut dengan Domain Authority merupakan sebuah acuan yang diberikan oleh MOZ kepada suatu blog atau website guna menentukan skor dari SEO. Mengenal apa itu DA, PA sebenarnya dapat menjadi suatu pembelajaran baru untuk anda, terlebih  bagi anda yang bekerja di dunia Teknologi Informasi.

Nilai Domain Authority atau DA yang semakin besar membuat peluang tampilnya pada halaman dalam satu google semakin besar pula. Skala skor dari Domain Authority atau DA ini dimulai dari 1 hingga 100. Pada umumnya untuk blog atau website baru akan mendapatkan skor DA kecil, namun seiring bertambahnya usia dari domain membuat skor menjadi semakin bertambah besar.

Mengenal apa itu DA, PA yang selanjutnya adalah penjelasan tentang PA atau Page Authority yang merupakan suatu acuan diberikan oleh MOZ guna dilakukan penilaian suatu halaman blog atau website. Page Authority atau PA yang berkualitas tentu skor juga akan semakin besar pula. Skala untuk skor yang digunakan pada PA adalah 1 sampai 100.

Jumlah skor dari Page Authority atau PA dapat dijadikan sebagai acuan untuk anda yang ingin mengetahui seberapa berkualitas konten yang sedang anda produksi. Apabila skor tidak mengalami peningkatan atau stagnan, maka anda harus melakukan audit ulang pada konten yang anda buat. Pada umumnya skor PA dan DA saling berdekatan, apabila terpaut pun jumlah selisih tidak berbeda jauh.

Baca juga: Cara Daftar Google Adsense Untuk Blogger Dengan Mudah

Cara Mengecek DA dan PA

Tidak hanya mengenal apa itu DA, PA. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek DA dan PA pada website anda :

  1. Buka website MOZ.com pada browser anda
  2. Klik Free SEO Tools pada bagian pojok kanan atas atau terdapat opsi lain untuk anda yang telah terdaftar dapat login pada MOZ.com
  3. Masukkan nama domain anda pada Analyze domain guna memulai pengecekan DA dan PA skor dari website milik anda dan tunggu hingga proses analyze selesai
  4. Pada bagian atas akan muncul Linking Root Domains, Domain Authority, Spam Score dan Ranking Keywords
  5. Domain Authority atau DA merupakan skor yang sedang anda cari
  6. Spam Score merupakan suatu perhitungan dari MOZ guna melakukan penilaian sebuah website yang berisi spam maupun tidak. Semakin kecil nilai maka hasil website semakin bagus.
  7. Ranking Keyword merupakan jumlah berapa banyak kata kunci yang terdapat dalam domain yang telah merangking di SERP google. Jumlah kata yang semakin banyak akan menghasilkan hasil yang bagus.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Download Template Blogger Terbaik

Cara Menaikkan DA Dan PA

Setelah mengetahui apa itu DA, PA, juga cara mengeceknya kali ini anda akan diberi informasi tentang cara menaikkan DA dan PA. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan DA dan PA :

  • Membuat konten yang berkualitas

Konten berkualitas yang dimaksudkan adalah konten yang sering menjadi rujukan bagi sebagian besar website. Keberadaan konten yang berkualitas, tentu akan membuat semakin banyak website yang memberi rekomendasi backlink pada website anda.

  • Optimalisasi konten

Selain mengetahui apa itu DA, PA, langkah selanjutnya untuk menaikannya adalah mengoptimalkan seluruh konten yang dapat dioptimasi pada mesin pencari seperti title, meta title, alt image, meta description dan artikel

  • Hapus link yang tidak berkualitas

Apabila didapati link yang tidak berkualitas, anda harus segera melakukan audit terlebih pada masalah backlink, pastikan anda menghapus beberapa link jelek untuk membuat performa website semakin lebih baik lagi.

  • Pastikan website telah tergolong mobile friendly

Apabila didapati website milik anda masih belum mobile friendly, segeralah ubah dengan template yang telah mendukung tampilan mobile friendly untuk website anda. Selain itu, anda juga dapat melakukan optimasi loading page.

  • Memperbanyak internal link

Tidak sedikit dari anda yang mungkin menyepelekan permasalahan internal link website, padahal internal link mampu membantu anda para pengunjung website dalam menemukan konten yang mereka cari.

Setelah mengenal apa itu DA, PA, anda dapat mulai mempraktekkan cara untuk menaikkan skor pada page authority dan domain authority dari blog atau website milik anda. Anda dapat mencoba pada website milik anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *