BerandaBloggerInilah 5 Perbedaan Blog dan Website yang Harus Kamu Tahu

Inilah 5 Perbedaan Blog dan Website yang Harus Kamu Tahu

Inilah 5 Perbedaan Blog dan Website yang Harus Kamu Tahu

Apakah yang sedang kamu bangun sekarang blog atau website? Belum tahu kan perbedaannya? Nah, jika kamu penasaran, kebetulan sekali sekarang kami akan membahas beberapa perbedaannya dibawah ini.

Definisi

Website atau situs web adalah laman yang berada di ranah online dengan domain sebagai alamatnya. Biasanya sebuah webiste memuat informasi yang disajikan oleh individu, kelompok, perusahaan, maupun organisasi nirlaba.

Sedangkan blog adalah sebuah halaman web yang memuat informasi mengenai opini, pendapat, dan informasi lain yang disajikan oleh penulis.

Biasanya blog dikelola oleh individu. Tapi bayak juga kelompok atau perusahaan yang mengelolanya.

Nah intinya, blog adalah website, tapi website tidak sama dengan blog.

Setelah mengetahui definisinya, sekarang waktunya untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud dengan Blogger?

Perbedaan blog dan website

1. Isi konten

Perbedaan yang pertama terdapat pada isi kontennya. Sebuah blog biasanya berisi konten yang berisikan informasi mengenai niche tertentu, seperti bisnis, teknologi, dan yang lainnya. Tak jarang juga ada blog yang bertransformasi menjadi media online.

Sedangkan fokus webiste lebih kepada informasi mengenai sebuah produk/jasa dari sebuah perusahaan/individu, atau juga informasi lain yang cenderung bersifat statis. Contoh dari webiste adalah webiste perusahaan, toko online, organisasi, dan yang lainnya.

2. Aktivitas

Aktivitas dari blog dan website juga berbeda. Karena berisi informasi mengenai niche tertentu, sebuah webiste tentu harus update informasi secara berkala. Tak jarang juga ada website yang update artikel beberapa kali sehari.

Berbeda dengan blog, website cenderung tidak perlu update konten secara berkala. Karena banyak difungsikan sebagai media untuk memperkenalkan bisnis saja. Selain itu, alasan lainnya adalah target utama website bukanlah mendapatkan penghasilan dari iklan seperti yang biasa dilakukan blog.

3. Penggunaan gaya bahasa

Karena dikelola untuk memuat informasi dan rutin update secara berkala, sebuah blog biasanya menggunakan bahasa yang lebih personal. Tak jarang juga ada blog yang menggunakan bahasa gaul dalam menyajikan informasi.

Bahasa yang digunakan pada website biasanya lebuh formal. Hal tersebut tak lepas dari tujuan webiste yang banyak digunakan untuk tujuan profesional. Karena itulah, sepertinya tidak pantas jika website menggunakan bahasa personal bahkan gaul.

Seperti yang banyak digunakan pada blog.

4. Pengelola blog dan webiste

Blog bisa dengan mudah dibuat. Karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk membuatnya. Hal tersebut mengakibatkan pengelolaan blog biasanya dilakukan secara personal. Tapi, ada juga yang melakukannya secara berkelompok, atau bahkan mengembangkannya menjadi perusahaan.

Karena biasanya ditujukan untuk kegiatan yang profesional, membuat website banyak dikelola orang yang ahli di bidangnya, atau bahkan oleh perusahaan. Tapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa website juga bisa dikelola secara individu biasa.

5. Kolom langganan

Pasti kamu sering menemukan kolom “Subscribe” atau “Berlangganan” pada sebuah laman website. Nah ternyata hal tersebut juga merupakan salah satu perbedaan antara blog dan website.

Karena kontennya diupdate secara berkala, sangat penting sekali jika memiliki hal tersebut. Lain halnya dengan website yang cenderung bersifat statis dan terlihat tidak penting.

Tapi, tidak ada salahnya juga jika webiste memiliki kolom subscribe tersebut untuk mengenalkan produk/jasa/promo terbaru kepada para penggemar.

Nah itulah 5 perbedaan blog dan website. Oh ya, orang yang memiliki dan mengelola blog biasanya disebut sebagai blogger. Dan para blogger tersebut memiliki komunitas yang cukup besar di beberapa media sosial.

Postingan Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Rekomendasi :